Sumber : KompasOtomotif | Author : Zulkifli BJ
Jakarta, KompasOtomotif – Berita bahwa Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dipastikan meluncurkan secara resmi Senin mendatang, respon masyarakat Indonesia kembali hidup terhadap mobil ini. Maklum, harapan orang untuk memiliki mobil sendiri tetap tinggi, termasuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, sehari-hari harus menghadapi kemacetan yang menambah tingkat stress dadn “gila”!
Dibutuhkan hampir setahun bagi Agya dan Ayla, sejak diperkenalkan sampai diluncurkan secara resmi, hanya untuk mendapatkan insentif keringan pajak. Karena sudah cukup lama, sebagian dar kota juga sudah lupa detail mobil ini.
KompasOtomotif, kemarin kemnali mencoba “refresh” foto-foto Agya dan Ayla yang pernah dimuat dalam ukuran cukup besar. Kali, kembali dipublikasikan beberapa data yang diperoleh, khususnya ketika Daihatsu mengadakan lomba irit untuk mobil ini di sirkuit pengetesan (proving ground) Bridgestone di Karawang, Jawab Barat pada 6 November tahun lalu. Paling tidak untuk mengetahui ukuran dan kemampuan serta fasilitas yang tersedia pada mobil bermesin 3-slinder 1.000 cc ini.
5-Penumpang
Menurut insinyur Daihatsu, waktu itu, Ayla dirancang sesuai dengan tuntutan konsumen Indonesia, bisa memuat 5-penumpang ditambah dengan ruang atau barang berukuran 3 galon air dan 2 kotak mi goreng.
Kondisi lapangan yang dipertimbangan adalah bisa menghadai jalan yang dipenuhi genangan air (banjir?), permukaan jalan yang keritik (banyak yang rusak) dan mudah berbalik arah (U-turn).
Konsumsi BBM
Sebagai mobil yangmasuk dalam prograk LCGC, Agya-Ayla harus memenuhi salah satu satu dari pemerintah, konsumsi bahan bakar paling renda, 20 km/liter, dengan pengetesan di laboratoriu. Sementara hasil lomba irit yang dilakukan oleh Daihatsu untuk kedua transmisi, manual dan otomatis, sangat bervariasi.
Menurut Daihatsu Indsonesia, hasil ChiefEcoMaster dari Jepang, Shingo Kubo untuk transmisi manual adalah 27,9 km/liter. Sedangkan wartawan Indonesia, berkisar dari 27,3 – 18,9 km/liter. Pengukuran didasarkan pada alat ukur yang digunakan pada mobil ini dan tentgu saja kondisi sirkuit tanpa lampu merah dan panjang sirkuit hanya 2,0 km.
Untuk transmis otomatik, hasil terbik oleh masternya, Kiyotaka Yagi adalah 21,8 km/liter. Sedangkan wartawan berkisar dari 21,6 – 16,8 km/liter. Hasil buruk sebagian peserta mereka harus menjalan di saat hujan deras. Pada kondisi tersebut, tidak ada penumpang, barng, hanya pengemudi pengemudi yang didampingi teknisi Daihatsu yang mencatat hasil.
Mesin
Basis mesin yang digunakan Agya-Ayla adalah 1KR-DE, sama dengan yang digunakan Xenia 1.000 cc (EJ-VF). Mesin inin dikembangkan lagi, lebih ringkas dan ringan agar konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Tenaga yang dihasilkan 48 kW@6.000 rpm dan torsi 88 Nm @3.600 rpm. Lebih besar dari Xenia karena diameter piston diperkecil dari 72 mm menjadi 71 mm, namun langkah diperpanjang dari 81 menjadi 84 mm. Diklaim lebih ringan 82 persen dari mesin Xenia.
Hasil itu bisa diperoleh karena saluran isap dan kepala silinder kini menggunakan resin. Tutup rantai disatu, ukuran kepala silinder diperkecil. Jaket blok silinder dan kepala silinder juga dioptimalkan. Lubang saluran buang disatukan dengan kepala silinder
Bodi
Untuk bobot total, Daihatsu juga membandingkan dengan city car yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Mitsubishi Mirage, Kia Paicanto dan Honda Brio. Perbandingannya, Agya-Ayla 730 kg, Mirage 860 kg, Picanto dan Brio 910 kg.
Untuk menekan bobot memperingan mesin, juga dilakukan terhadap komponen di interior. Misalnya, rangka jok dirancang ulang. Daihatsu klaim, mereka bisa mengurangi bobot sampai 10 persen. Di lain, desainnya juga dinilai paling aeorodinamis di segmen (A), yaitu 0,32. Bahkan, ban juga diminta khusus, berhambatan rendah!
Foto-foto lengkap Daihatsu Ayla: Klik galeri
Spesifikasi Agya-Ayla
Dimensi |
(mm)
|
Panjang |
3.580
|
Lebar |
1.600
|
Tinggi |
1.510
|
Jarak sumbu roda |
2.730
|
Radius putar (m) |
4,4
|
Berat (kg) |
745
|
Mesin | |
Tipe |
1.0L, 3-silinder,
DOHC, 12 katup |
Kapasitas (cc) |
989
|
Diameter x langkah (mm) |
72,0 x 81,0
|
Perbandingan kompresi |
-
|
Tenaga maks. kW (PS) @rpm |
48,5 (65) @6.000
|
Torsi maks. Nm (kg) @ rpm |
85 (8,7) @3.600
|
Ban |
175/65-R14
|
Editor : Zulkifli BJ
INFO :
HeRy
99899556 / 085716948811
Ping Me 234A13CB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar